Kamis, 10 Desember 2009

Kekurangan dan Kelebihan dari mengikuti Homeschooling

Kelebihan
1. Dikasih kepercayaan penuh mengatur jadwal belajar. Kita pun jadi harus bertanggungjawab sama keputusan yang sudah diambil dari diri sendiri.
2. dituntut mandiri dan inisiatif dalam mengerjakan tugas-tugas.
3. Peraturan ketat kayak masuk jam 7 pagi,harus memakai seragam atau upacara bendera,ngga bakal kamu jalanin. Basically, peraturan homeschooling hanya belajar enjoy tanpa paksaan dan bisa mencapai target kurikulum sesuai aturan depdiknas.
4. Ruang ligkup pembelajaran lebih luas karena murid homeschooling ngga selalu belajar text-book, tapi bisa dari siapapun dan kegiatan apapun.
5. Setiap tigas dan materi, kebanyakan di download melalui internet. Untuk homeschooling online, interaksi antar guru dan murid 100% dilakuakan di depan computer dan mengendalikan email. Ada juga forum buat komunikasi dan diskusi dengan semua murid.
6. Umumnya satu guru mengajar ke 20-40 murid di dalam kelas. Di homeschooling, system penyampaiannya personal banget. Satu guru focus dengan satu murid.

Kekurangan
1. Kurang mengasah jiwa kompetitif karena system belajarnya yang individual. Kemungkinanan murid malah cenderung menghindari persaingan.
2. Ngga bia ngerasain masa-masa indah di SMA mulai dari punya geng,pacaran sama senior, berisik di kelas sampai ngumpul di kantin sekolah, “you miss high school moments,but it doesn’t really metter”
3. Kurangnya kemampuan team work karena kebanyakan tugas sekolah dibuat secara individual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar