Sabtu, 01 Mei 2010

simtom/gejala anorexia

Gangguan anoreksia mengidap sebagian besar pada wanita, dimulai pada masa remaja menjelang pubertas, kriteria gangguan anoreksia adalah bila berat badan mencapai dibawah 15% dari berat normal yang seharusnya, namun demikian sebagian besar gangguan anoreksia memiliki berat badan sampai 30% dari berat normal.

Simtom anoreksia;

-Menjaga berat badannya dibawah berat normal yang tidak seimbang dengan usia dan tinggi badan
-Ketakutan akan penambahan berat badan
-Sangat terganggu dengan cara pandang orang terhadap berat badan ideal, atau terganggu dengan bentuk, berat badan seseorang dan melakukan evaluasi diri dan serius untuk menurunkan berat badanya
-Siklus menstruasi tidak teratur, pada pria mengalami impotensi

Penderita gangguan anoreksia mempunyai cara pandang sendiri terhadap bentuk dan berat tubuh, beberapa individu beranggapan bahwa semakin kurus atau sampai pada terlihatnya bentuk susunan tulang seseorang maka semakin bagus.
Penderita anoreksia sangat terobsesi dengan berat tubuh, mereka tidak suka makan di depan orang lain, kadang mereka menyiapkan menu makan sendiri, bila dalam keadaan terpaksa mereka sangat memperhitungkan jumlah kalori yang terkandung dalam makanan tersebut. Jumlah kalori itu dihitung untuk melakukan olahraga yang menghabiskan sejumlah kalori tersebut atau lebih.

Ada 2 tipe anoreksia nervosa;

1) Tipe terbatas; individu dengan tipe ini mengindari makan berlebihan, mereka biasanya menyediakan makan sendiri

2) Tipe binge; individu ini dapat makan dimana saja, akan tetapi selesai makan ia akan segera memuntahkan makanannya di kamar mandi, menggunakan pencuci perut atau memperlancar buangan kotoran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar