Sabtu, 01 Mei 2010

perkembangan pada masa remaja

Perkembangan Pada Masa Remaja

Pada masa remaja biasanya anak cenderung memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi dimana itu didukung oleh kematanngan kognitif mereka serta informasi yang mereka terima cukup banyak dan bervariasi,membicarakan masa pubertas,disini saya ingin sedikit membahas mengenai masalah tersebut. Dimana sekarang banyak kita jumpai anak-anak remaja yang sudah terlalu jauh mengenal bahkan terjun ke dalam pergaulan bebas,hasil yang paling fatal adalah bahwa sebagian besar anak remaja di Indonesia sudah kehilangan ke virginitas nya.


Masalah ini juga dapat kita kaitkan dengan kurangnya masukan atau informasi yang baik ketika anak sedang berada pada tahap perkembangannya,dimana pada tahap ini anak mulai belajar membentuk kepribadian yang sehat. Pada masa anak-anak memasuki masa remaja,anak mengalami tahap perkembangan yang disebut dengan tahap genital dan pubertas dimana pada masa pubertas itu sendiri adalah masa adanya kematangan seksual terhadap remaja dan matangnya organ-organ seksual pada tahap genital. Anak remaja mulai mencintai orang-orang lain terdorong oleh motif-motif altruisik bukan semata mata karena cinta diri atau narsisistik.

Daya tarik seksual,sosialisasi, kegiatan kegiatan kelompok,perencanaan karier ,dan persiapan untuk menikah dan membangun keluarga mulai muncul. Terkadang pada masa ini remaja yang kurang memiliki informasi yang cukup cenderung melakukan sesatu hal tanpa adanya pemikiran tentang baik/buruknya resiko yang mungkin terjadi,inilah salah satu penyebab dimana remaja yang terjun kedalam pergaulan bebas dan menanggung resiko yang cukup berat seperti hamil di luar nikah maupun terjerat dengan obat-obatan terlarang (narkoba). Fenomena ini menurut saya terjadi karna kurangnya informasi yang diterima serta adanya kepribadian yang kurang sehat,dimana menurut Rogers kepribadian yang sehat adalah individu yang dapat mengaktualisasikan,merealisasikan potensinya terhadap hal-hal yang positive serta dapat menjalani kehidupannnya yang riil serta dapat memposisikan kepribadiannya agar dapt berfungsi dengan baik, tidak hanya itu individu tersebut juga harus dapat berdiri di masyarakat,dengan norma-norma dan kebudayaan yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar