Sabtu, 01 Mei 2010

Intervensi Saudara Kandung terhadap anak dengan kebutuhan khusus

Intervensi Saudara Kandung terhadap anak dengan kebutuhan khusus

Beberapa studi menunjukkan bahwa saudara kandung dapat berkontribusi dalam program intervensi di rumah. Salah satu pendekatannya adalah menjadikan mereka sebagai guru atau behaviour therapis. Penelitian membuktikan keterlibatan saudara kandung menjadikan mereka guru yang berhasil dan berdampak pada interaksi yang lebih positif antar keduanya (Cash&Evans, 1975; Lavigueur, 1976; Miller&Cantwell, 1976; Weinrott, 1974 dalam Ashman&Elkins, 1994). Werner (1990 dalam Ashman&Elkins, 1994) menyatakan interaksi anak dengan saudara kandungnya tersebut akan lebih efektif jika anak tersebut berperan hanya sebagai pelengkap (suplement) daripada pengganti (subtitute) dari orangtuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar