Selasa, 30 Maret 2010

Autistic Spectrum Disorder (ASD).

Dalam beberapa tahun terakhir, makin banyak terungkap fenomena anak autis. Autisme adalah gangguan perkembangan yang disebabkan oleh adanya interferensi pada perkembangan otak pada masa prenatal atau selama satu atau dua tahun awal kehidupan anak. Autisme merupakan manifestasi perilaku yang timbul dari disfungsi yang terjadi pada maturasi neurobiologis dan fungsi sistem saraf pusat.
Gangguan perkembangan ini menyebabkan kekurangan pada tiga area yaitu area interaksi sosial, area komunikasi serta area perilaku. Keterlambatan atau fungsi abnormal pada salah satu dari ketiga area tersebut muncul sebelum usia tiga tahun. Kekurangan pada area interaksi sosial ini merupakan hal yang amat menjadi keluhan orang tua dan merupakan ciri utama yang menyadarkan orang tua untuk curiga mengenai kemungkinan adanya gangguan pada anaknya.

Perincian gangguan pada interaksi sosial di antaranya:

•Adanya kerusakan yang nyata pada penggunaan perilaku nonverbal, terutama pada imajinasi, komunikasi dan sosialisasi.

•Kegagalan membentuk hubungan dengan peer.

Untuk itu intervensi perilaku dan pendidikan yang terus-menerus sangat berguna dan menjadi inti dari perawatan yang dilakukan terhadap penyandang autisme.
Autisme disebut juga sebagai gangguan ‘spektrum’ yang artinya bahwa gejala dan karakteristiknya ditampilkan dalam kombinasi dan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Pada ujung spektrum, kita dapat menemukan seorang anak penyandang autisme yang tidak berbicara, duduk di sudut ruangan, memutar-mutar penjepit kertas berulang-ulang selama berjam-jam, di ujung lain dari spektrum, kita menemukan seorang penyandang autisme yang bekerja sebagai peneliti di universitas, selama pekerjaan itu tidak mensyaratkannya untuk berinteraksi dengan orang-orang.

Orang yang memiliki kesulitan dalam area komunikasi nonverbal (termasuk di dalamnya keinginan dan kemampuan menggunakan bahasa dalam konteks sosial) dikategorikan memiliki Autistic Spectrum Disorder (ASD).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar